Visitasi Fakultas Teknobiologi: Berharap Memperoleh “A” fadjar April 25, 2016

Visitasi Fakultas Teknobiologi: Berharap Memperoleh “A”

Fakultas Teknobiologi yang memiliki Program Studi Biologi, didirikan pada tahun 2005 dan terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan SK No. 014/BAN-PT/Ak-XIV/S1/VII/2011. Kali ini, fakultas yang khas dengan warna hijau pijar tersebut telahmenjalani visitasi kedua kalinya dengan BAN-PT oleh tim assesor, yakni Dr. Hendro Pramono dari UNSOED dan Dr. Agus Dana Permana dari ITB. Visitasi ini berlangsung selama dua hari, yakni 8 ndash; 9 April 2016 di Ruang Serbaguna Fakultas Psikologi (SGFP).

Pada hari pertama, para assesor disambut oleh Rektor Ubaya, Prof. Ir. Joniarto Parung, MMBAT, Ph.D., Wakil Rektor 1, Nemuel Daniel Pah, S.T., M.Eng., Ph.D.,Dekan Fakultas Teknobiologi, Dr.rer.nat. Maria Goretti Marianti Purwanto , Wakil Dekan Fakultas Teknobiologi, Dr. Ir. Popy Hartatie Hardjo, M.Si., jajaran pimpinan Ubaya dan beserta segenap dosen pengajar Fakultas Teknobiologi.Ketika pembukaan, disampaikan mengenai seluk-beluk Fakultas Teknobiologi, prestasi pencapaian mahasiswa, serta harapan-harapan ke depannya, termasuk harapan agar mampu meningkatkan capaian akreditasi menjadi A. Dari tahun 2010 hingga 2014, para mahasiswa fakultas yang terkenal dengan warna hijau pijar ini mampu memperoleh IPK rata-rata mencapai 3,15.

Sesi selanjutnya pada hari pertama ini adalah pemberkasan, yakni untuk melihat apakah kriteria penilaian akreditasi telah dicapai dan fakultas telah melaksanakan tugas-tugasnya. Selain itu diadakan pula sesi wawancara dan kunjungan ke laboraturium yang terdapat di Fakultas Teknobiologi.

Pada hari kedua, tepatnya Sabtu, 9 April 2016, visitasi Fakultas Teknobiologi Ubaya memasuki tahap akhir, yakniassesor akan melakukan verifikasi hasil desk evaluationatau penilaian. Setelah verifikasi dan pemeriksaan berkas berakhir, tibalah saatnya bagi tim asesor BAN-PT untuk memberikan kesimpulan dan kesan secara umum.

“Yang saya tangkap dalam kebersamaan kita selama satu setengah hari ini adalah semangat dan kesungguhan Bapak Ibu sekalian,“ tutur Dr. Hendro Pramono angkat bicara. Beliau menambahkan bahwa divisi kepemimpinan dan kerjasama Prodi Biologi, bahkan secara umum di Ubaya, sangat baik. Dr. Agus Dana Permana juga menyampaikan bahwa akreditasi merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kinerja universitas.

Support dari universitas sangat besar, kualitas dosen dan mahasiswa setiap tahunnya juga menjadi faktor pendukung yang tidak kalah penting,” jelas Dekan Fakultas Teknobiiologi ini. Selain itu, Dr.rer.nat. Maria Goretti Marianti Purwanto menjelaskan, ada 7 standar penilaian utama, yakni: 1) Visi misi, tujuan dan sasaran, strategi pencapaian, 2) tata pamong, kepemimpinan, pengelolaan, 3)kemahasiswaan dan kelulusan, 4) SDM, 5) Kurikulum, pembelajaran, dan suasana akademik, 6) pembelajaran, sarana prasarana dan sistem informasi, serta 7) penelitian, pelayanan/pengabdian kepada masyarakat dan kerjasama.

“Terima kasih sebesar-besarnya kepada tim assesor dan semua yang terlibat dalam visitasi dan asesmen Prodi Biologi, juga untuk masukan, rekomendasi, dan kritik yang telah diberikan”, ucap Nemuel Daniel Pah, S.T., M.Eng., Ph.D., sembari menutup acara dan diakhiri makan siang serta foto bersama. (liv)